WEWENANG ,DELEGASI DAN DESENTRALISASI

Wewenang merupakan syarat yang berfungsi sebagai penggerak dari pada kegiatan-kegiatan.wewenang dapat di artikan sebagai hak untuk memerintah orang lain untuk melakukan  sesuatu agar tujuannya tercapai . T.Hani handoko membagi wewenangan dalam dua sumber yaitu ; formal (pandangan klasik) dan teori penerimaan.wewenangan formal merupakan wewenangan pemberian atau pelimpahan dari orang lain. Wewenangan ini berasal dari tingkat masyarakat yang sangat tinggi dan secara hukum di turunkan dari tingkat ke tingkat.berdasarkan dari teori penerimaan (acceptance theory of authority) wewenangan timbul hanya bila hal itu di terima oleh kelompok atau individu kepada siapa wewenangan tersebut di jalankan,dan ini tidak tergantung pada penerima (receiver).

chester barnard mengetakan bahwa seorang bersedia menerima komunikasi ynag bersifat kewenangan bila memenuhi;

  1. memahami komunikasi tersebut
  2. tidak menyimpang dari tujuan organisasi
  3. tidak bertentangan dengan kebutuhan pribadi
  4. mampu secara mental dan phisik untuk mengikutinya

Agar wewenangan yang dimiliki oleh seorang dapat di taati oleh bawahan maka di perlukan adanya.

v                 Kekuasaan (power ), yaitu kemampuan untuk melakukan hak tersebut . dengan cara  mempengaruhi individu, kelompok ,keputusan.

v                 Tanggung jawab dan akuntabilitas. Tanggung jawab (responsibiliti yaitu kewajiban untuk melakukan sesuatu yang timbul bila seorang bawahan menerima wewenang dari atasan.

v                 Pengaruh (influence) yaitu transaksi dimana seorang di bujuk oleh orang lain untuk melakukan suatu kegiatan sesuai dengan harapan orang yang mempengaruhinya.

Lini dan staf

Staf tugasnya adalah meberi layanan dan nasehat kepada manajer dalam pelaksanaan suatu kegiatan . staf melakukan fungsinya tidak secara langsung terlibat dalam kegiatan utama perusahaan atau organisasi.

Tugas-tugas yang di lakukan lini merupakkan tugas-tugas pokok dari suatu organnisasi atau perusahaan

Baishline  mengajukkan enam pokok kualifikasi yang harus di penuhi oleh seorang staf, yaitu;

  1. pengetahuan yang luas tempat dia berkerja
  2. punya sifat kesetian,tenaga yang besar, kesehatan yang baik, inisiatif, pertimbangan yang baik dan kepandaian begaul
  3. punya semangat kerja yang ramah
  4. kestabilan emosi dan tingkat laku yang sopan
  5. kesederhanaan
  6. kemauan baik dan optimis

kualifikasi utama yaitu memiliki keahlian pada bidangnya dan punya loyalitas yang tinggi.

Jenis-jenis staf

Menurut bidang yang di layani staf di bagi menurut funsi-fungsi yang ada di perusahaan, seperti staf personalia,staf pengembangan,staf perencanaan,staf pemasaran dan lain sebagainya.

Menurut banyaknya pemimpin  yang di layanin di bedakkan menjadi;

  1. Staf kusus (specialist staff), memberikan saran, konsultasi serta bantuan serta melayani seluruh lini dan unsur organisasi.
  2. staf pribadi (personal staff) memberikan saran,bantuan dan jasa kepada manajer.

Wewenangan lini , staff dan fungsion

Wewenangan lini(line authority

Yaitu atasan langsung memberikan wewenang kepada bawahannya, wujudnya dalam wewenagn perintah dan tercermin sebagai rantai perintah yang di turunkan  ke bawahan melalui tingkatan organisasi.

Wewenangan staf (staf authority)

Yaitu hak para staf atau spesialisasi untuk menyarankan,memberi rekomendasi atau konsultasi pada personalia lini.

Wewenang staf fungsional (functional staff authority)

Yaitu hubungan terkuat yang di miliki staf dengan satuan lini . bila spesialis staf di berikan  fungsional oleh manajemen puncak maka dia mempunyai hak memerintah satuan lini sesuai dengan kegiatannya.

Sumber konflik lini  staf

  1. perbedaan umur dan pendidikan
  2. perbedaan sikap
  3. peredaan  tugas
  4. perbedaan posisi

DEGELASI WEWENANGAN

Untuk mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efisien,maka perlu adanya pendelegasian tugas dari atasan ke bawahan . degelasi dapat di artikan pelimpahan wewenagnga dan tanggung jawab  formal dari atasan kepada orang lain untuk melaksanakan tugas tertantu.sedangkan degelasi wewenangan di artikan sebagai proses pengelhan wewenangan dari atasan kepada orang yang di tunjuk.

Perinsip-perinsip untuk mencapai pendelegasian yang efektif

  1. prinsip skalar

perlu adanya geris wewenangan yang jelas agar tidak membingungkan orang yang menerima pendelegasian.

  1. perinsip kesatuan perintah

satu tugas satu kepala, kepada siapa pertanggung jawaban ini di berikan. Ini tergantung kepada siapa ia menerima delegasi tugas.

  1. tanggung jawab wewenangan dan akuntabilitas

tanggung jawab untuk tugas-tugas tertentu di berikan ke tingkat organisasi paling bawah.

Sentalisasi dan desentralisasi

Setralisasi berarti ada pemusatan dalam pendelegasian wewenangan pada tingkat atas, sedangkan desentralisasi berhubungan dengan sampai di mana manajer melimpahkan wewenangnya kepada bawahan,apakah hanya sampai kepala bagian, kepala devisi atau kepala cabang dan sebagainya.

Factor –faktor yang mempengaruhi derajat desentralisasi adalah;

v                 filsafat manajemen

ada sebagian manajemen yang di otokratik yang menginginkan pengewasan pusat yang kuat.

v                 Ukuran dan tingkat pertumbuhan organisasi

Bila keputusan di pegang oleh manajemen puncak, maka organisasi tidak mungkin dapat berjalan dengan efisien dan efektif,karena bila ada masalah yang mendesak harus lewat manajer puncak yang tentunya memakan waktu

Yang lama, bagi organisasi yang besar cenderung akan memperbesar desentralisasi dalam kegiatan

v                 Strategi dan lingkungan organisasi

Factor ini sangat penting sekali dalam ,ememtukan bentuk yang akan di ambil, yang selanjutnya akan mempengaruhi derajat desentralisasi.

v                 Penyebaran geografis desentralisasi

Semakin menyebar geografis cenderung organisasi menggunakan desentralisasi. Karena keputusan yang akan di ambil lebih baik bila sesuai dengan lingkungan yang di hadapi.

v                 Tersedia peralatan pengawasan yang efektif

Bila peralstsn ysng tersedia berkurang, organisasi cenderung menggunakan system sentralisasi. Karena sulit untuk memonitor semua kegiatang yang ada. di organisasi tersebut.

v                 Keanekaragaman produk dan jasa

Semakin jenis dan macam produk cenderung untuk menggunakan system desentralisasi, sebaliknya semakin tidak beranekah produk yang di hasilkan cenderung menggunakan sentralisasi

v                 Kateristik organisasi lainnya

Tergantung pada masing-masing organisasi yang berhubungan dengan pembuatan keputusan, biaya dan lain sebagainnya

v                 Kwalitas manajer

Desentralisasi memerlukan lebih banyak manajer – manajer yang berkwalitas , sebab harus memutuskan dan mengembil tindakkan sendiri,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: