PENGAWASAN

             DEFINISI PENGAWASAN (CONTROLLING)

Pengawasan dapat di sebut juga sebagai evaluating appraising atau correcting pengertian pengawasan yaitu peroses penjaminan pencapaian tujuan organisasi. Jadi, di sisi ada kaitan yang erat anatara pengawasan dan perencanaan. Langkah  awal suatu pengawasan sebenarnya adalah perencanaan dan penetapan tujuan berdasarkan pada standar atau sasaran.

Menurut Robert j.mockler. pengawasan adalah usaha sistematik menetapkan standar pelaksanaan dengan tujuan perencanaan ,merancang sistem informasi umpan balik. Membandingkan kegiatan nyata dengan standar, menentukan dan mengukur devisi-devisi dan mengambil tindakan koreksi yang menjamin bahwa semua sumber daya yang di milikki telah di pergunakan  dengan efektif dan efisien.

  BENTUK-BENTUK PENGAWASAN

  1. Pengawasan pendahhuluan (feedforward control ,steering controls)                                            direncanakan untuk mengantisipasi penyimpangan standard an memungkinkan koreksi di buat sebelum kegiatan terselesaikan.
  2. Pengawasan concurrent (concurrent control)                                                                yaitu pengawasan “ya-tidak”, dimana suatu aspek dari prosedur harus memenuhi syarat yang di tentukan sebelum kegiatan di lakukan guna menjamin ketepatan pelaksanaan kegiatan
  3. Pengawasan umpan balik (faadback control,pash-action controls)                                   yaitu mengukur hasil suatu kegiatan yang telah di laksanakan, guna mengukur penyimpangan yang mungkin terjadi atau tidak sesuai dengan standart.

TAHAP-TAHAP PEROSES PENGAWASAN

  • TAHAP PENETAPAN STANDAR

Tujuannya adalah sebagai sasaran,kuota dan target pelaksanakan kegiatan yang di gunakan  sebagai patokan pengambilan keputusan . bentuk standart umum yaitu;

  • Standar phisik
  • Standar moneter
  • Standar waktu
  • TAHAP PENENTUAN PENGUKURAN PELAKSANAAN KEGIATAN

            Di gunakan sebagai dasar atas pelaksanaan kegiatan yang  di lakukan secara tepat

  • TAHAP PENGUKURAN PELAKSANAAN KEGIATAN

            Berupa peroses yang berulang-ulang dan continue, yang berupa atas, pengamatan, laporan , metode , pengujian, dan sempel

  • TAHAP PMBANDINGAN PELAKSANAAN DENGAN STANDAR DAN ANALISIS PENYIMPANGAN

            Digunakan untuk mengetahui penyebab terjadinya penyimpangan dan menganalisanya  mengapa bias terjadi demikian , juga di gunakan sebagai alat pengambil keputusan bagi manajer.

  • TAHAP PENGAMBILAN TINDAKAN KOREKSI

            Bila di ketahui dalam pelaksanaannya terjadi penyimpangan, di mana perlu ada perbaikkan dan pelaksanaan

BENTUK-BENTUK PEMBUAT KEPUTUSAN (DECISION MAKING )

Pembuatv keputusan merupakan bagian terpenting dari manajer, yang dihubungkan dengan pelaksanaan perencanaan, dalam hal memutuskan tujuan yang akan di capai,sumber daya yang akan di capai,siapa yang melaksanakan siapa yang bertanggung jawab atas pekerjaan yang akan di serahkan dan lain sebagainya.

Bentuk-bentuk keputusan ini biasa berbentuk keputusan yang di program (programmed decision)atau tidak.bisa juga di bedakan antara keputusan yang di buat di bawah kondisi kepastian resiko dan ketidak  pastiaan.

          Keputusan terperogram yaitu keputusan yang di buat menurut kebiasaan,aturan atau prosedur yang terjadi secara rutin dan berulang-ulang.contoh kenaikkan jenjang kepegawaian

Keputusan yang tidak terperogram (non programmed decision) yaitu keputusan yang di buat karena terjadinya masalah-masalah khusus atau tidak biasanya.contoh penjualan yang merosot tajam

Dalam pengambilan sebuh keputusan kita akan menglami benyak situasi. Ada 3 situasi yaitu:

  • Kepastian(certainty),dengan di ketahuinya kesempatan atau keadaan yang akan terjadi di waktu mendatang,karena adanya suatu informasi yang akurat dan responsibility.
  • Resiko(risk), dengan di ketahui kesempatan dan probabilitas setiap yang akan terjadi serta hasilnya,tetapi informasi yang lengkap tidak dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.
  • Ketidak pastian(uncertainty)di mana manajer tidak mengetahuhi probabilitas yang di miliki serta di ketahuinya situasi yang akan terjadi di waktu mendatang.

PROSES PEMBUAT KEPUTUSAN

  • MEMAHAMI DAN PERUMUSAN MASALAH

Manajer harus dapat menentukan masalah apa yang sebenarnya dan menentukan bagian-bagian mana yang harus di pecahkan dan bagian mana yang di pecahkan

  • MENGIMPULKAN DAN ANALISA DATA YANG RELAVEN

Setelah masalahnya di temukan,lalu di tentukan dan di buatkan rumusannya untuk membuat keputusan yang tepat

  • PENGEMBANGAN ALTERNATIF

Pengembangan alternative memungkinkan menolak kecendrungan membuat keputusan yang cepat agar tercapai keputusan yang efektif.

  • MENGEVALUSI TERHADAP ALTERNATIF YANG DI GUNAKAN

Menilai efektivitas dari alternative yang di pakai, yang di ukur dengan menghubungkan tujuan dan sumber daya organisasi dengan alternative yang realistic  serta menilai seberapa baik alternatif yang di ambil dapat membantu memecahan masalah.

  • MEMILIH ALTERNATIF TERBAIK

Di dasarkan pada informasi yang di berikan kepada manajer dan ketidak sempurnaan kebijaksanaan yang di ambil oleh manajer

  • IMPLEMENTASI KEPUTUSAN

Manajer harus menetapkan anggaran. mengadakan dan mengalokasikan sumber daya yang di perlukan, serta menugaskan wewenang dan tanggung jawab pelaksanaan tugas dengan memperhatikan resiko dan ketidak pastian terhadap keputusan yang di ambil.

  • EVALUASI ATAS HASIL KEPUTUSAN

Implementasi yang telah di ambil harus selalu di monitor terus menerus, apakah berjalan lancar dan memberikan hasil yang di harapkan.

                  KETERLIBATAN BAWAHAN DALAM PEMBUAT KEPUTUSAN

Keterlibatan bawahan dalam pembuatan keputusan dapat bersifat resmi misal dengan pembuatan kelompok, bisa  juga bersifat tidak resmi misal dengan meminta gagasan dan saran-saran. Pembuatan keputusan yang di dasarkan pada sifat formal yang efektif karena banyak masukan-masukan pengetahuan yang lainnya.karakteristik situasi keputusan dan gaya pembuatan keputusan menejemen akan mempengaruhi dan menentukan apakah pembuat abn keputusan di lakukan secara kelompok atau tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: