Hambatan Aktif Struktur Pengendalian Intern

Hambatan Aktif Struktur Pengendalian Intern

Hambatan aktif mencakup penggelapan terhadap computer dan sabotase terhadap computer. cara utama mencegah penggelapan dan sabotase adalah dengan menerapkan jenjang memadai pada pengendalian akses. jika seluruh pengendalian umum dan pemrosesan data telah ditempatkan dan dapat berjalan, pertimbangan utama yang kemudian harus ada adalah pembatasan akses tidak terotorisasi dan peralatan sensitif. Salah satu pengendalian yang dapat dilakukan untuk mencegah hambatan – hambatan aktif adalah dengan enkripsi kunci umum.
Contoh hambatan aktif adalah penipuan manajemen :

Penipuan manajemen adalah tindakan – tindakan penipuan yang dilakukan oleh para manajer untuk mengelabui para investor dan kreditor dengan menggunakan laporan keuangan yang keliru. Jenis penipuan ini dilakukan oleh orang yang mempunyai tingkatan cukup tinggi dalam organisasi untuk mengatur pengendalian akuntansi. Manajemen dapat juga dilakukan pengeliruan atau penghilangan lain yang dapat mengelabui karyawan atau investor, tetapi intinya, penipuan manajemen berkaitan dengan manipulasi terhadap laporan keuangan.

Treadway commission mendefinisikan laporan keuangan yang digelapkan sebagai perbuatan yang disengaja atau ceroboh, baik melalui tindakan atau peninadaan tindakan tertentu, yang berakibat secara material terhadap laporan keuangan.Komisi ini mempelajari 456 tuntutan hukum terhadap auditor yang terjadi dari tahun1960 sampai 1985. Penipuan manajemen merupakan setengan dari kasus – kasus tersebut. Komisi ini mencatat bahwa system informasi berdasarkan computer melipatgandakan potensi penyalahgunaan atau manipulasi informasi, sehingga akan meningkatkan resiko terjadinya laporan keuangan yang keliru.
Referensi :

About imam_magribi

saya tinggal di kebagusan pasar minggu saya lulusan sd 04 smp 175 sman 109 dan saya sekarang sedang kuliah di universitas swasta di jakarta

Posted on November 27, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: