PENGERTIAN SISTEM INFORMASI

Konsep dasar sistem dan informasi

 

Sistem

sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.

 

Informasi

Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang di gunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi merupakan data yang telah di klasifikasikan atau diolah atau di interpretasi untuk di gunakan dalam proses pengambilan keputusan.

 

Sistem informasi

Sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat kelas, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.

Sistem informasi dapat di definisikan sebuah sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan startegi dari organisasi untuk menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang di perlukan untuk mengambil keputusan.

 

Komponen dan elemen sistem informasi

  1. Komponen input

    Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Informasi disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan di masukkan.

  2. Komponen model

    Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematikan yang akan memanipulasi dara input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang di inginkan.

  3. Komponen output

    Hasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.

  4. Komponen teknologi

    Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi di gunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mangakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.

  5. Komponen hardware

    Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi. Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih mudah di katakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.

  6. Komponen sofeware

    Sofeware berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang di ambil dari sofeware untuk menciptakan suatu informasi.

  7. Komponen basis data

    basis data (database) merupakan kumpulan data yang salaing berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulsinya. Data perlu di simpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut.

  8. Komponen kontrol

    Komponen kontrol di gunakan untuk mengendalikan hal-hal yang dapat merusak sistem dapat di cegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat di atasi.

 

 

Referensi

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi..

http://apr1l-si.comuf.com/SI.pdf….

 

About imam_magribi

saya tinggal di kebagusan pasar minggu saya lulusan sd 04 smp 175 sman 109 dan saya sekarang sedang kuliah di universitas swasta di jakarta

Posted on September 26, 2012, in Sistem Informasi Akuntansi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: