MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN

BAB 1 PENDAHULUAN

Kita telah mengenal bahwa sistem organisasi melihat  perusahaan sebagai  sebuah system terbuka . system tersebut menerima sumbernya dari lingkungan,mengubah sumbertersebut menjadi bentuk lain.dan membuat sumber yang di traspormasikan berada ke dalam lingkungan.dalam tulisan ini saya akan membahas mengenai model system umum perusahaan , pengertian dari model itu sendiri , konsep dasar model sistem umum perusahaan,penggunaan sistem informasi.

BAB2 PEMBAHASAN

PENGERTIAN DARI MODEL

Model  adalah  abtraksi dari sesuatu.atau dapat di katakana bahwa model itu adalah penyerderhanaan dari suatu objek.ia menampilkan tujuan dan aktivitas yang di sebut entity(kesatuan).

Jenis model

  1. Model fisik
  2. Model naratif
  3. Model garis
  4. Model matematis

ü  Model fisik – model fisik adalah penggambaran tiga dimensi dari kesatuan.model fisik dapat memenuhi tujuannya yang tidak dapat di penuhi oleh sesuatu yang nyata.contohnya : pembuat mobil sangat sulit menggunakan  mobil asli untuk percetakkan menurut idenya.

ü  Model naratif-model naratif adalah menjelaskan entity(kesatuan)-nyan dengan kata lisan atau tertulis.

ü  Model grafis-model grafis adalah model lain yang mewakili entity-nya dengan abstraksi garis,symbol, dan bentuk.

ü  Model matematis –model matematis di gunakan dalam pembuatan model bisnis sekarang ini.segala rumus matematika atau persamaan adalah model matematis.

Konsep dasar model sistem umum perusahaan

Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan, dan sistem tertutup tidak berhubungan dengan lingkungan

Model sistem umum

Perguruan tinggi umumnya membuka jurusan bisnisdan anda dapat mengambil jurusan yang memberikan anda kesempatan karir yang jelas. Buku ini juga memberikan pengetahuan bisnis secara umum.perinsip  yang terdapat di sini dapat di terapkan dalam berbagai sistem informasi di segala organisasi.wahana yang kita gunakan adalah model sistem umum perusahaan.

Selain memberikan kerangka untuk orientasi,model sistem umum dapat  di jadikan standart untuk pengevaluasi perusahaan yang baru.anda akan mendapatkan elemen dan hubungan tertentu .model tersebut membantu anda untuk mengidentifikasi bagian perusahaan yang menawarkan kesempatan untuk perbaikkan.

sistem fisik

gambar 1

Menunjukkan sistem fisik dari perusahaan yang menstranformasikan sumber input menjadi sumber output.sumber input berasal dari lingkungan  perusahaan,kemudian di transformaikan ,dan sumber di kembalikan ke lingkungan yang sama.sistem fisik perusahaan merupakan sistem terbuka, yang berintraksi dengan lingkungan dengan arus sumber fisik.

Sistem konsep

  1. Sistem  simpul terbuka  . adalah jika sebuah sistem tidak mempunyai simpul feedback  atau mekanisme.tak ada feedback dari sistem tersebut untuk mempengaruhi perubahan yang penting dalam sistem.
  2. Sistem simpul tertutup – adalah sistem yang mempunyai simpul  feedback dan mekanisme kontrol. Sistem ini pemanas yang di kontrol oleh thermostat sesuai dengan diagram.
  3. kontrol manajemen –manajemen menerima informasi yang menjelaskan outpit sistem. Tujuan utama perusahaan sebagai sebuah sistem adalah keberhasilan beberapa jenis output,maka ukuran dari noutput merupakan bagian integral dari kontrol sistem.

gambar2

gambar 3
Penggunaan model sistem umum

Arus bahan melalui perusahaan manufaktur dan kontrol yang di lakukan oleh manajer , seperti yang di gambarkan oleh model sistem umum,keduanya sangat jelas.tidak begitu mudah untuk menghubungkan model tersebut ke jenis perusahaan yang lain.

 

 

Bab 3 Kesimpulan

Jadi model sistem umum dari perusahaan dapat di gunakan untuk memahami susunan sistem fisik perusahaan maupun sistem konsep ,dan cara mereka terhubung.

 

 

Bab 4 daftar pustaka

http://elearning.gunadarma.ac.id

Posted on September 23, 2011, in Sistem Informasi Manajemen. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: