E-COMMERCE

e-commerce

bab 1 pendahuluan

Perdagangan adalah peroses atau kegiatan menawarkan,menjulan,membeli sesuatu yang berbentuk(barang) atau tidak berbentuk (jasa ) kepada seseorang yang membuntuhkannya.perdagangan sudah ada dari berabad-abad lalu,perdagangan di lakukan dari yang langsung menawarkan ke konsumen  sampai dengan menawarkan lewat media televisi meupun radio.sekarang perdagangan sudah berkembang lebih  memudahkan penggunanya adalah e-commerce /electronic commerce

Perdagangan elektronik atau e-dagang(e-commerce/electronic commerce)adalah penyebaran,pembelian,penjualan,pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet atau televisi,www,atau jaringan computer lainnya ,e-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik,pertukaran data elektronik,sistetem manajemeen inventori otomatis,dan system pengumpulan data otomatis.

Sasaran e-commerce adalah menciptakan lingkungan komersial yang baru dalam segala bentuknya di abad elektronik. Dimana beberapa tahap yang umumnya terdapat diantara penjual dan pembeli dalam transaksi komersial dapat diintegrasikan sekaligus dan otomatis secara elektronik. Jadi dapat meminimalkan biaya transaksi. Secara garis besar, e-commerce saat ini diterapkan untuk melaksanakan aktifitas ekonomi business-to-business, dan business-to-consumer.

sejarah e-commerce

Awalnya perdagangan electronic berarti pemanfaatan  transaksi komersial, seperti penggunanaan EDI  untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara electronic.kemudian berkembang  menjadi perdagangan web,yaitu dengan pembelian barang atau jasa melalui www melalui  server aman (https),protokol server yang menggunakan enkripsi untuk merasiakan data penting pelanggan.

bab 2 pembahasan

Manfaat  dari perdagangan melalui jaringan elektronik :

  1. Pelayanan pelanggan yang lebih baik
  2. Hubungan dengan pemasok  dan masyarakat  keuangan yang lebih baik.
  3. Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik meningkat.

Kendala dari perdagangan melalui jaringan elektronik.

  1. Biaya yang tinggi
  2. Masalah keamanan
  3. Perangkat  lunak yang belum tersedia

Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik

  1. Mengumpulkan intelijen bisnis
  2. Membentuk suatu system antar-organisasi(IOS)

Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik

Dengan menggunakan /membentuk  system antar organiasi(IOS)

Sistem Antar Organisasi / Inter Organization System (IOS)

Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal, yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.

Manfaat IOS

Para mitra dagang ikut dalam IOS dengan harapan memperoleh manfaat tertentu. Manfaat itu adalah :

  1. Efisiensi komparatif ; dengan bergabung dalam IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing mereka. Perbaikan dalam efisiensi ini dapat berasal dari dalam dan berkaitan dengan organisasi lain.
  • Efisiensi internal, terdiri dari perbaikan-perbaikan dalam operasi itu sendiri sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data lebih cepat, menganalisis lebih cepat dan membuat keputusan lebih cepat.
  • Efisiensi antar-organisasi, mencakup perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan lain.
  1. Kekuatan tawar menawar ; kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya.Kepuasan itu berasal dari 3 metode dasar :
  • Keistimewaan produk yang unik.
  • Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian.
  • Peningkatan biaya peralihan

PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (Electronic Data Interchange – EDI)

EDI adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan. EDI biasanya digunakan antara pemasok dan produsen. Namun sistem ini tidak memiliki fleksibilitas yang cukup memadai untuk memenuhi tuntutan pasar yang muncul sekarang ini.
Tingkat penerapan EDI :

  1. Pemakai tk. 1 , hanya 1 atau 2 set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
  2. Pemakai tk. 2 , banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah besar mitra dagang.
  3. Pemakai tk. 3, bukan cuma set transaksi yang ditransmisikanke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi komputer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.

Pemanfaatan EDI

Pemanfaatan EDI di Indonesia nampaknya masih belum mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan. Masih sangat jarang yang memanfaatkan system ini sebagai salah satu komponen teknologi informasi. Dengan EDI ini perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pertukaran data baik didalam internal organisasi ataupun dengan pihak stakeholder. Berikut ini ialah keuntungan yang akan didapatkan organisasi jika menerapkan EDI.

  1. Penghematan Biaya : Penghematan ini didapatkan karena dengan EDI tidak akan ada biaya kertas, tidak ada biaya penyimpanan dokumen kertas dan tidak akan ada biaya pengiriman dokumen kertas.
  2. Kecepatan : Kecepatan ini didapatkan karena dengan EDI leadtime pengiriman dokumen hanya kurang dari 1 menit.
  3. Keakuratan : EDI akan mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi karena tidak ada entry data ulang. Selain itu sistem EDI sudah dilengkapi dengan ECC (Error Correction Control) yang akan mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehingga dapat segera diperbaiki.
  4. Keamanan : Penggunaan enkripsi dokumen membuat dokumen hampir tidak bisa dipalsukan.
  5. Integrasi : Integrasi antar sistem dapat dilakukan dengan perantara EDI. Setiap unit didalam organisasi akan terintegrasi dengan adanya EDI didalamnya sehingga proses menjadi lebih efisien.

Tenologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik :

  1. Sambungan langsung , perusahan dapat membentuk jaringan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia telekomunikasi umum.
  2. Jaringan bernilai tambah , disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.

Internet , memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan

BAB 3 KESIMPULAN

jadi e-commerce  adalah suatu transaksi ekonomi  yang menggunakan media electronik / secara digital.dengan meningkatnya penggunaan e-commerce di perusahaan maka akan memudahkan kita dalam melakukan transaksi ekonomi,penerapan e-commerce itu sendiri dengan melakukan tranksaksi -tranksaksi langsung kepada mesin.contohnya pembelanjaan   yang di lakukan di situs situs belanja  langsung melakukan pembayaran dengan mengisi form tersebut dan nomor kartu kredit.

BAB4  DAFTAR PUSTAKA

http://www.Wikipedia.org

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik/

http://msherawati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/21330/MINGGU+KE-3+BAB+II+E-Commerce.doc

Posted on September 22, 2011, in Sistem Informasi Manajemen. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: