Konsep sistem dan sistem komunikasi

Konsep sistem dan sistem komunikasi

Mungkin kalian tidak asing mendengar sebuah sistem. Karena sistem ini  selalu dekat dengan kita. Sebenernya apasih arti sebuah sistem itu sendiri. Sistem adalah kumpulan kumpulan dari komponen komponen atau sub sistem yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.sistem dapat dibedakan antara sistem abstrak dengan sistem fisik.sistem abstrak adalah suatu susunan teratur gagasan atau konsepsi yang saling tergantung.sebagai contoh sistem teologi adalah suatu gagasan mengenai tuhan,manusia dan sebagainya. Sistem fisik lebih lanjut dapat di definisikan dengan contoh:

Sistem peredaran darah    Jantung,urat-urat darah yang menggerakan darah ke seluruh tubuh

Sistem transportasi               Petugas,mesin dan organisasi yang menjalankan trasportasi barang

Sistem persenjataan            peralatan,procedure,dan petugas yang memungkinkan menggunakannya  sebuah senjata

Sistem sekolah                      bangunan,pendidikan,petugas administrasi,buku-buku teks dan sebagainya yang berfungsi bersama untuk memberikan pendidikan kepada para siswa

Sistem perakunan                cacatan . aturan ,procedure,peralatan dan petugas uang beroprasi mencatat data, mengukur pendapatan.menyiapkan laporan.

Sebuah sistem bukanlah sebuah seperangkat unsur yang tersusun secara tidak teratur ,tetapi  terdiri dari unsur yang dapat di kenal  sebagai saling melengkapi karena satunya maksud .tujuan atau sasaran.sistem fisik lebih sekedar bentuk konseptual karena dapat memperlihatkan kegiatan atau perilaku.

Sebuah sisitem harus di bawah pengendalian manusia , kecuali sistem fisik seperti sistem tata surya ,alam dan hewan yang tidak di bawah pengendalian manusia.

Model umum sebuah sistem

Sistem harus terdiri dari masukkan , pengelolahan dan keluaran.sebuah sistem yang sangat besar mungkin mempunyai  beberapa masukan dan beberapa pengeluaran. Sifat yang  menentukan dan membatasi sebuah sistem membentuk “sempadan”-nya(boundary).sistem berada di dalam sempadan tersebut.”lingkungan” adalah yang berada di luar sempadan,beberapa contoh sepadan adalah:

            Sistem                                                             sempadan

Manusia                                 kulit rambut ,kuku dan semua bagian yang terkandungnya membentuk sistem(semua di luar adalah lingkungannya)

mobil                                      tubuh mobil ditambah roda dan semua bagian di dalamnya membentuk sistem.

Produksi                                 mesin-mesin produksi ,sediaan peroduksi dalam barang  setengah jadi . para karyawan produksi .prosedur produksi dan sebagainya membentuk sistem.selebihnya di perusahaan adalah lingkungan.

Setiap sistem terdiri dari beberapa subsistem . dan subsistem terdiri pula atas beberapa sub-subsistem.masing-masing sub sistem di batasi dengan sepadannya . saling kaitan dan interaksi antar sub sistem tersebut “interface”atau jalinan. Interface terjadi pada sempadan dan bentuk masukan atau keluaran (materi,energy atau informasi).di bawah ini adalah contoh-contoh subsistem dan  interface dalam sempadan.

Sistem                                     subsistem                                           interface

Komputer                              unit pengolah pusat                                    saluran          

                                                Penyimpan tambahan

                                                Unit keluaran

                                                Unit masukkan

Unit pengolahan pusat       unit prthitungan                                kawat penghubung

                                                Unit pengendali

                                                Unit penyimpan

Pengolahan  batch             keja edit                                            alih data

Dengan kerja terpisah        kerja sotir                                           kerja satu dengan lainnya

(separace run)                     kerja meremajakan(update)                     misalnya pita daya.

                                                Kerja keluaran

Jenis-jenis sistem

            Klasifikasi yang telah di kemukakan  adalah sistem fisik dan sistem abstrak . klasifikasi lain adalah sistem diterminisme dan probabilistic serta sistem tertutup dan terbuka .

Sistem deterministic dan probalistik

  1. Sebuah sistem diterministik  beroprasi dengan cara yang dapat di ramalkan secara tepat.interaksi antar bagian –bagian di ketahui dengan pasti.
  2. Sistem probabilistic dapat di uraikan dalam istilah perilaku yang mungkin tetapi selalu ada sedikit kesalahan  atas ramalan atas berjalannya sistem

 

Sistem tertutup dan terbuka

  1. Sebuah sistem tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dengan dunia luarnya . sistem ini otomatis tanpa campur tangan dari pihak lainnya.contohnya reaksi kimia di dalam sebuah tabung berisolasi dan tertutup

 

  1. Sistem terbuka sistem yang berhubungan dan berpengaruh dengan lingkungan luarnya . sistem ini menerima masikkan dan menghasilkan pengeluaran untuk lingkungan luarnya . maka sistem ini memerlukan pengendalian yang baik.

About imam_magribi

saya tinggal di kebagusan pasar minggu saya lulusan sd 04 smp 175 sman 109 dan saya sekarang sedang kuliah di universitas swasta di jakarta

Posted on December 23, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: