Sejarah mobile storage

Sejarah mobile storage

Hollerith hollow card (1890)

Untuk pertama kalinya , kartu berlubang di gunakan sebagai media penyimpanan data digital pada sensus penduduk di as dari tahun a980 sampai dengan (1891).

Pita berlubang (1937)

Penemu computer , konrad zuse menggunakan pita berlubang untuk memasukkan kode data ke dalam z1 miliknya. Pita berlubang di gunakan sebagai penyimpanan data sampai tahun 80-an , terutama di instansi pemerintahan.

Floppy 8 inci (1969)

Menemukan floppy disk menjadi milestone dalam perkembangan media penyimpanan. Pada tahun 1969 sekelompok peneliti  ibm yang di pimpin  oleh alan  shugart memperkenalkan disket 8 inci pertama  dengan kapasitas 80 kbyte.

Floppy 5,25 inci

Disket 5.25 inci  dapat menyimpan data sebesar 720 kb dan merupakan satu-satunya  penyimpanan data mobile bagi penggunaan peribadi , sampai dig anti dengan  floppy 3.5 inci.

Syquuest – drive (1983)

Removable hard disk ini tergolong media data yang mahal ,namun menawarkan transfer data yang cepat dan relative besar kapasitasnya ,syquest berhasil  dengan sebuah disk 100 mm dan menawarkan kapasitas sekitar 5 mb

Compack disk(1989)
akhirnya semua pengguna dapat membakar cd, media ini pada awalnya masi mahal, namun harga media ini terus menerus turun dan terjangkau.

Mo disk(1991)

Magnetic optical disk memang lebih aman  dari pada cd atau disket . namun , harga drive  da medianya lebih mahal sehingga tidak cocok sebagai produk missal . sony mencoba berusaha untuk mempopulerkan minidisk sebagai penyimpanan data, namun tidak berhasil.

Lomega(1994)

Lomega meluncurkan zip ke pasar dengan kapasitas 100 mb . media ini tadinya di rancang  sebagai pesaing floppy disk 3.5 inci .sayangnya tidak berhasil  karena strategi marketing yang kurang baik.

Smart media (1995)

Thosiba mempromosikan smart media card sebagai saingan untuk compactflass yang sudah di perkenalkan sebelumnya  oleh sandik. Namun, justru sd card yang muncul tahun 1999 menjadi standar hingga  tahun ini.

Dov moran (1996)

Penemu usb flasdisk  ini pada awalnya temuannya. Ternyata, memori baru nandflash ini mampu menggantikan disket 3.5 inci yang sudah berjaya selam belasan tahun.

Teasfilm (1998)

Ahli fisika , steffen noethe dan Matthias gerspach menemukan bahwa teas film dapat di rancang untuk data dengan menggunakan laser. Sementara itu , muncul beberapa solusi penyimpanan data berbasis pada adhesive tape pintar di sebut.

Dvd-r(2001)

Media data dengan kapasitas lebih dari 4 gb diperkenalkan dan segera dapat terjangkau oleh semua pengguna pc.

Blu ray (2002)

Laser biru ini menggunakan struktur data yang lebih halus  pada media optical . setelah bersaing dengan format lain. Blue ray akhirnya  unggul dari hd-dvd dan menjadi media hd video mulai tahun depan.

Lomega (2003)

Rev merupakan sebuah system removable hard disk 2.5 inci dengan kapasitas 35 GB yang sudah mengintegrasikan motor dan disk. hanya eiectronik  dan read head yang berada di dalam drive.

U3(2005)

Aplikasi dapat berjalan  langsung dari usb flask disk , tanpa harus di instal pada system operasi

Hamr (2008)

Sebuah kombinasi dari laser dan magnet head memungkinkan kepadatan data lebih besar pada hard disk . teknik ini sudah siap di produksi.

Bacteri sebagai bio memory

Bakteri deinococcus radiodirans merupakan salah satu media penyimpanan masa depan . sekuend  data di kode sebagai dns dan di tanamkan pada bakteri yang tangguh. Bahkan setelah ratusan generasi , data masih tersimpan dan menggandalkan diri miliaran kali.

About imam_magribi

saya tinggal di kebagusan pasar minggu saya lulusan sd 04 smp 175 sman 109 dan saya sekarang sedang kuliah di universitas swasta di jakarta

Posted on December 7, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: