Pengarahan dan pengembangan organisasi

 

Pengarahan dan pengembangan organisasi

Motivasi disebut dengan istilah kebutuhan(need),desakan(urge),keinginan(wish) dan dorongan (drive), yang semuanya ini  mempunyai  pengertian yang sama yaitu sebagai suatu keadaan yang ada pada diri seseorang yang mendorong untuk melakukan suatu kegiatan guna mencapai keinginan atau tujuan. Dorongan ini biasanya di wujudkan dalam bentuk perilaku.

            Pandangan motivasi dalam organisasi dapat di lihat dari tiga jenis teori

  1. model tradisional
  2. model hubungan manusiawi
  3. model sumber daya manusiawi

 

v                 model tradisional

tidak lepas  dari teori manajemen ilmiah yang di kemukakan oleh Frederic winslow taylor. Model ini mengisyaratkan bagaimana manajer menunjukkan pekerjaan-pekerjaan yang harus di lakukan dengan system pengupahan insentif untuk memacu para pekerja agar memberikan produktivitas yang tinggi.

            Teori produktivitas memandang bahwa tenaga kerja pada umumnya malas , dan hanya dapat di motivasi dengan memberikan penghargaan dalam ujud materi (uang).

v                 Model hubungan manusiawi

Elton mayo dan para peneliti hubungan manusiawi lainnya menemukan bahwa kontak-kontak social karyawan  pada pekerjaan adalah penting,kebosanan dan tugas yang rutin merupakan pengurangan dari motivasi. Untuk itu para karyawan perlu di motivasi melalui pemenuhan kebutuhan-kebutuhan social dan membuat mereka berguna dan penting dalam organisasi.

v                 Model sumber daya manusia

Mcgregor,maslow,argyris dan likert mengkritik hubungan manusiawi, bahwa seorang bawahan tidak hanya di motivasi dengan memberikan uang atau keinginan untuk mencapai keputusan, tetapi juga kebutuhan untuk berprestasi dan memperoleh pekerjaan yang berarti , dalam arti lebih menyukai pemenuhan keputusan dari suatu prestasi kerja yang baik, di beri tanggung jawab yang lebih besar untuk pembuatan keputusan dan pelaksanaan tugas.

Teori teori motivasi

            Teori petunjuk (prescriptive theories ) yaitu, bagaimana memotivasi para karyawan , yang di dasarkan atas pengalaman coba-coba.

Teori isi (content theories), menanyakan apa penyebab perilaku, macam teory ini yaitu  hirarki kebutuhan dari Abraham maslow , teori motivasi higeinis  freed rick herzberg dan teori prestasi david mccleland.

Teori proses (process theories ). Menjelaskan bagaimana perilaku di mulai dan di laksanakan . termasuk dalam hal ini , teori pengharapan , teori pembentuk perilaku , teori porter lawler dan teori keadilan.

v                 Teori isi

Memusatkan pada pertanyaan , apa penyebab perilaku bderhenti dan terjadi?

Terpusat pada kebutuhan , motif yang di dorong ,menekan memacu dan menguatkan karyawan melakukan kegiatan . juga berhubungan dengan faktor faktor eksternal yang berupa insentif yang menyarankan , mendorong , menyebabkan dan mempengaruhi untuk melaksanakan suatu kegiatan

v                 Teori proses

Berkenaan dengan bagaimana perilaku timbul dan di jalankan. Adapun teori yang akan di bahas yaitu.

  1. teori pengharapan (expectancy theory)
  2. pembentukan perilaku
  3. teori porterm lawler

 

teori pengharapan

di mana individu diperkirakan akan menjadi pelaksanaan dengan prestasi tertinggi bila;

v                 kemungkinan usaha mereka mengarah ke prestasi yang tinggi

v                 kemungkinan mencapai hasil yang menguntungkan

v                 hasil-hasil tersebut akan menjadi pada keadaan keseimbangan, penarik

efektif bagi mereka

menurut teori victor vroom (teori nilai pengharapan vroom) orang di motivasi bekerja bila usaha-usaha yang akan di tingkatkan akan mengarah ke balas jasa tertentu,menilai balas jasa dari hasil usahanya.

            pembentukan perilaku

di kemukakan oleh B.F.skinner yang di dasarkan pada hukum pengaruh(law effect),bahwa perilaku yang di ikuti dengan konsekuensi-konsekuensi pemuasan cenderung diulang . sedang perilaku yang diikuti konsekuensi hukuman cenderung tidak di ulang.

            Tori porterm lawler

Merupakan teori pengharapkan dari motivasi dengan versi orientasi masa mendatang. Dan menekankan antisipasi tanggapan atau hasil. Dasarnya yaitu kemungkinan usaha pengharapan yang dirasakan , usaha yang di jalankan , prestasi yang di capai , penghargaan yang di terima , kepuasan yang terjadi dan mengarahkan ke usaha di massa yang akan datang.

About imam_magribi

saya tinggal di kebagusan pasar minggu saya lulusan sd 04 smp 175 sman 109 dan saya sekarang sedang kuliah di universitas swasta di jakarta

Posted on November 22, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: